Minggu, 02 November 2014

Pada ajang Google I/O yang berlangsung beberapa bulan yang lalu, Google melakukan preview 'Android L', sebuah OS terbaru yang nantinya akan menjadi penerus KitKat. Sejak saat itu pengembang dan konsumen terus menunggu sampai versi finalnya keluar. Akhirnya, hari Rabu minggu ini sebuah nama dan detail lebih lengkap telah diumumkan. Namanya kini menjadi Android 5.0 Lollipop dan berikut adalah fitur-fitur baru yang penting.

Material Design


Yang pertama dan paling dinantikan adalah Material Design. Ini adalah UI atau tampilan antar muka terbaru dari Android. Google menyebutkan Material Design sebagai sebuah desain UI yang berani dan penuh warna, dengan pengalaman yang intuitif di semua perangkat. Responsif, gerakan yang natural, pencahayaan dan bayangan yang realistis dan elemen visual yang membuat pengguna mudah menavigasikan perangkatnya.

Peningkatan Fitur Notifikasi


Tampilan lock screen di layar Android 5.0 Lollipop penuh dengan notifikasi. Meski penuh, namun tidak membuat tampilan menjadi berantakan. Justru pengguna bisa melihat dan merespon pesan langsung dari layar lock screen. Tidak hanya itu saja, pengguna bisa mengontrol fitur notifikasi ini dan memilih mana notifikasi yang perlu diprioritaskan di perangkat smartphone kesayangan kalian melalui 'Priority mode'. Dengan ini diharapkan notifikasi yang muncul, baik pesan atau telepon yang masuk, tidak mengganggu aktifitas kalian di perangkat.


Kill Switch dan Peningkatan Keamanan


Android 5.0 Lollipop akan hadir dengan opsi kill switch atau bisa disebut Factory Reset Protection, yang memungkinkan pengguna untuk menghapus data perangkat yang diinginkan. Jika pengguna mengaktifkan fitur ini, kalian akan diminta untuk login ke dalam Goolge untuk melakukan factory reset pada perangkat dan akan bekerja jika kode akses telah diaktifkan. Satu lagi opsi keamanan lainnya di Android Lollipop adalah SELinux yang diklaim dapat memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap kelemahan sistem dan malware di semua aplikasi. Pengguna nantinya juga akan mendapatkan fitur Android Smart Lock untuk kemananan perangkatnya dengan memasangkannya dengan perangkat Android lainnya, seperti Android Wear di smartwatch.

Aplikasi Messenger Baru


Sebuah aplikasi messenger baru juga akan dihadirkan bersamaan dengan Android 5.0 Lollipop. Aplikasi ini disebut lebih simpel dari Hangouts yang selalu dipakai oleh Google. Menurut juru bicara dari Google, ini bukanlah penggantinya. Messenger dan Hangouts akan menawarkan pengguna dengan banyak pilihan dan masing-masing memiliki keuntungan tersendiri. Hangouts bekerja dengan baik untuk cross platform (web, iOS dan Android) dan komunikasi-komunikasi lain (video, suara, pesan dan SMS). Messenger akan didesain spesial untuk lebih cepat dan mudah untuk mengirim dan menerima pesan SMS dan MMS di Android.

Device Sharing


Google akhirnya membawakan fitur berbagi perangkat atau device sharing yang dipergunakan untuk membantu pengguna saling berbagi perangkat Android 5.0 Lollipop mereka dengan keluarga dan teman yang lain tanpa harus khawatir tentang akses ke konten yang sensitif. Android 5.0 Lollipop kini memiliki fitur guest user mode dengan kustumisasi opsi untuk akses ke dalamnya. Menariknya, juga akan ada fitur baru di Lollipop yang memungkinkan pengguna untuk log in ke ponsel Android yang lain untuk mengakses pesan dan konten yang sudah saling disinkronisasikan ketika ada kasus pengguna ketinggalan ponselnya dirumah.


Battery Saver


Google juga menambahkan fitur battery saver yang baru di Android 5.0 Lollipop. Fitur ini diklaim mampu memperpanjang hidup baterai hingga 90 menit. Lollipop juga akan menampilkan perkiraan waktu yang tersisa untuk pengisian penuh perangkat ketika tengah di-charge. Begitu juga sebaliknya, akan ada perkiraan waktu tersisa kapan baterai perangkat perlu diisi kembali.

Pengaturan Perangkat Lebih Cepat


Terakhir, Google memperkenalkan cara baru kepada pengguna untuk pengaturan perangkat mereka dengan Android 5.0 Lollipop. Pengguna bisa dengan cepat melakukan pengaturan terhadap ponsel atau tablet Android baru dengan saling menekan pada perangkat lama kalian melalui dukungan koneksi NFC. Semua perangkat dari Google Play akan langsung terbawa ke perangkat baru selama akun Google yang digunakan sama.

Sumber: KotakGame
author : team_blog52





0 komentar:

Posting Komentar

Pilih berita

team_blog52. Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

link info yang menarik



TNI AU